Pembuatan LKSBerorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbingpada Materi Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah, Pengukuran, serta Vektor di Kelas XSMA/MA.

Wati, Aprilia Cahaya (2019) Pembuatan LKSBerorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbingpada Materi Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah, Pengukuran, serta Vektor di Kelas XSMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_APRILIA_CAHAYA_WATI_15033093_5018_2019.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara global, dan membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan tinggi dan pemikiran kritis. Kondisi di sekolah belum menerapkan model pmbelajaran inkuiri terbimbing dan penerapan HOTS di sekolah belum optimal karena belum mampu meningkatkan pemikiran tingkat tinggi siswa, salah satu solusi berdasarkan masalah ini adalah dengan menggunakan lembar kerja berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing, model inkuiri terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang mengharuskan siswa mencari dan menemukan pengetahuan mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah ini dengan membuat lembar kerja berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing dan mencari tahu validitas lembar kerja berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah j enis penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model borg dan gall adalah model objek penelitian lembar kera berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing pada materi hakikat fisika dan prosedur ilmiah, pengukuran, serta vektor. Sumber data penelitian penelitian ini adalah hasil validasi dari para ahli sebagai validator. Berdasarkan analisisi data dari penelitian, lembar kerja berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing pada materi hakikat fisika dan prosedur ilmiah, pengukuran, serta vektor sangat valid dengan nilai validitas rata-rata 84,2. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi HOTS (High Order Thinking Skill) dalam model inkuiri terbimbing pada materi hakikat fisika dan prosedur ilmiah, pengukuran, seta vektor di kelas X SMA/MA yang telah dibuat sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika, karena telah memenuhi dasar kelayakan pada hasil validasi para ahli. Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills (HOTS), Inkuiri Terbimbing, Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah, Pengukuran, serta Vektor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:01
Last Modified: 05 Feb 2020 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25054

Actions (login required)

View Item View Item