Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Flipped Classroom terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X SMA

Fedistia, Ridia (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Flipped Classroom terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIDIA_FEDISTIA_17205070_4065_2019.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berbasis Flipped Classroom dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang masih rendah, karena pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah yaitu guru menyampaikan materi pembelajaran dibalik menjadi dilakukan di rumah menggunakan video pembelajaran secara online maupun offline, sehingga peserta didik dapat mempersiapkan diri di rumah terlebih dahulu sebelum membahas soal-soal penalaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini ialah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis flipped classroom yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), video pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti model Plomp. Model Plomp digunakan karena lebih luwes dan fleksibel dibanding dengan model lainnya, selain itu pada setiap langkahnya memuat kegiatan pengembangan yang dapat disesuaikan dengan karakteristik penelitiannya. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik kelas X SMA Negeri 2 Padang Tahun Pelajaran 2018-2019. Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP, video pembelajaran dan LKPD menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom yang dikembangkan telah valid dari segi konstruk dan segi isi. Nilai validitas untuk RPP, Video Pembelajaran, dan LKPD berturut-turut adalah 3,82; 3,60; dan 3,47. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan juga praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Hal ini didasari pada hasil analisis data angket respon praktikalitas peserta didik yang menunjukan angka 84% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis, data observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan data wawancara dengan pendidik. Selain itu, perangkat pembelajaran ini juga telah efektif dalam meningkatkan penalaran matematis peserta didik berdasarkan tes akhir kemampuan penalaran yang telah dilaksanakan, yaitu 75% peserta didik telah memperoleh nilai di atas KBM yang ditentukan sekolah yaitu 80. Jumlah ini meningkat dari hasil tes kemampuan awal yaitu hanya 47,22% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KBM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25046

Actions (login required)

View Item View Item