Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Sosial Budaya dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang

Frecelya, Adryani Fyola (2019) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Sosial Budaya dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADRYANI_FYOLA_FRECELYA_15016078_5372_2019.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata bidang sosial budaya siswa kelas X SMK N egeri 2 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang sosial budaya dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskripstif. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang yang berjumlah 498 orang yang terbagi menjadi 14 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 55 orang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (penguasaan kosakata bidang sosial budaya siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang) dan variabel terikat (keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang). Data penelitian ini adalah skor hasil tes penguasaan kosakata bidang sosial budaya dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data diperoleh melalui dua j enis tes yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata bidang sosial budaya siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi Lebih Dari Cukup (72,36). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi Baik (78,68). Ketiga, penguasaan kosakata bidang sosial budaya berkorelasi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK N egeri 2 Padang. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks eksposisi diperlukan penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25045

Actions (login required)

View Item View Item