Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 12 Padang

Cahyani, Nining Dwi (2019) Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NINING_DWI_CAHYANI_15023137_5446_2019.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media audiovisual dengan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran seni musik di SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan Petest-posttest control Gruop Design Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster sampling, dan diperoleh sampel kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Dengan dua variabel yaitu penggunaan media audiovisal dan tanpa penggunaan media audio visual, sedangkan yang menjadi variabel terkait yaitu hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya. Data penelitian diperoleh dari tes pilihan ganda materi musik barat pada pretest dan posttest. Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reabilitas menggunakan rumus Alpa. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Data yang diperoleh dari hasil Pretest dan posttest kemudian diolah menggunakn Microsoft Excel 2010. hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media audiovisual lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan media audio visual. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang diajarkan menggunakan media audiovisual dengan hasil belajar tanpa menggunakan media audio visual dalam pembelajaran seni budaya. Hal ini di buktikan dengan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung= 2,208 dan t1abe1=2,012. penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran seni budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik, hal ini dibuktikan dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 83,20 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 77,609. dengan demikian diperoleh selisih rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 5,591.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:25
Last Modified: 04 Feb 2020 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item