Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Mengatasi Kesalahan Peserta Didik dalam MenyelesaikanSoal Cerita Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.

Sulasmi, Sulasmi (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Mengatasi Kesalahan Peserta Didik dalam MenyelesaikanSoal Cerita Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ SULASMI_14029101_5219_2019.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan pada soal cerita, serta mendeskripsikan bagaimana dampak penerapan model Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW} terhadap kesalahan tersebut. Adapun jenis kesalahan dikategorikan menurut analisis kesalahan Newman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi model sequential explanatory. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode tes dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu membandingkan data hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.9 SMP Negeri 13 Padang yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesalahan paling dominan yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan penulisan jawaban dengan persentase kesalahan sebesar 49,67%, sedangkan kesalahan paling kecil yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan membaca soal dengan persentase kesalahan sebesar 1,93%. Faktor-faktor yang menyebabkannya adalah Peserta didik tidak dapat menyerap informasi dengan baik, kecerobohan, tidak memahami materi secara menyeluruh, kurangnya pengalaman dalam mengerjakan masalah, lemahnya konsep prasyarat, kurang percaya diri dalam menyelesaikan soal, terburu-buru dalam menyelesaikan soal, dan hasil jawaban yang salah. Berdasarkan perbandingan hasil tes awal dan tes akhir setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW} terlihat bahwa penerapan model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap kesalahan peserta didik. Apabila dilihat dari perbandingan persentase setiap jenis kesalahan pada tes awal dan tes akhir diperoleh hasil bahwa persentase setiap jenis kesalahan juga mengalami penurunan. Kata Kunci: Kesalahan siswa, Analisis Kesalahan Newman, Model Kooperatif tipe TTW

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:51
Last Modified: 31 Jan 2020 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25013

Actions (login required)

View Item View Item