Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 7 Padang.

Yulinar, Yulinar (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YULINAR_15029126_5615_2019.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas XI SMAN 7 Padang belum optimal. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan rendahnya hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik untuk mengkonstruksi serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan baik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik diperlukan suatu model dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan problem based learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIA SMAN 7 Padang dengan kelas eksperimen XI MIA 1 dan kelas kontrol XI MIA 2. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa pada taraf nyata a = 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,003, karena P-value < a, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan problem based learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Kata kunci- Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan pemecahan masalah, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:10
Last Modified: 30 Jan 2020 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item