Kontribusi Penerapan High Touch Guru dan Konsep Diri Akademik terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Ningsih, Septia (2019) Kontribusi Penerapan High Touch Guru dan Konsep Diri Akademik terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SEPTIA_NINGSIH_1309205_4777_2019.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penerapan high touch guru dan konsep diri akademik merupakan faktor yang diduga mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan high touch guru, (2) mendeskripsikan konsep diri akademik, (3) mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (4) menguji kontribusi penerapan high touch guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (5) menguji kontribusi konsep diri akademik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (6) menguji kontribusi penerapan high touch guru dan konsep diri akademik secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI, dan XII MAN 1 Pekanbaru yang berjumlah 1138 orang. Sampel berjumlah 322 orang, yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata gambaran penerapan high touch guru berada pada kategori baik, (2) secara rata-rata gambaran konsep diri akademik berada pada kategori cukup positif, (3) secara rata-rata gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori tinggi, (4) penerapan high touch guru berkontribusi positif secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (5) konsep diri akademik berkontribusi positif secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dan (6) penerapan high touch guru dan konsep diri akademik secara bersama-sama berkontribusi positif secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program pelayanan bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Jan 2020 00:37
Last Modified: 30 Jan 2020 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24968

Actions (login required)

View Item View Item