Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbing pada materi dinamika rotasi dan elastisitas di Kelas XI SMA/MA.

Ananda, Prima Nora (2019) Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbing pada materi dinamika rotasi dan elastisitas di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_PRIMA_NORA_ANANDA_15033043_5317_2019.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad ke-21 mengharuskan siswa mampu belajar mandiri dan berpikir tingkat tinggi. Untuk itu, pemerintah telah melakukan perbaikan menjadi kurikulum 2013 revisi 2017. Kurikulum terse but memuat empat pokok salah satunya Higher Order Thinking Skills (HOTS). HOTS terdiri atas 4 indikator yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif, pengambilan keputusan dan problem solving. Berdasarkan observasi yang dilakukan, penggunaan LKS belum maksimal di sekolah. LKS yang digunakan hanya dalam bentuk ringkasan materi dan latihan soal-soal. LKS tidak dilengkapi dengan dengan praktikum, sehingga tidak dapat mengembangkan indikator HOTS siswa dengan maksimal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing yang akan diuji kelayakannya. J enis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Metode penelitian R & D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Prosedur penelitian ini terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk massal. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahapan uji coba produk dan revisi produk. Uji coba produk yang dilakukan yaitu uji coba terbatas Validitas produk dilakukan oleh 3 orang tenaga ahli. Kemudian uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru dan 25 orang siswa. Setelah dilakukan pengolahan data, didapatkan nilai validitas serta praktikalitas LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing adalah 83,47% dan 94,6% menurut guru serta 86,6% menurut siswa. Secara keseluruhan LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing sudah dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Higher Order Thinking Skills (HOTS), Model Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:19
Last Modified: 28 Jan 2020 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24893

Actions (login required)

View Item View Item