Efektivitas Penggunaan Modul Tata Nama Senyawa Kimia Berbasis Discovery Learning Kelas X MIA di SMAN 3 Kota Solok

Apriliana, Risca Cahya (2018) Efektivitas Penggunaan Modul Tata Nama Senyawa Kimia Berbasis Discovery Learning Kelas X MIA di SMAN 3 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RISCA_CAHYA_APRILIANA_14035031_3325_2018.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Telah tersedia modul tata nama senyawa kimia berbasis discovery learning yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul tata nama senyawa kimia berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA di SMAN 3 Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian R & D. Uji efektivitas modul dilakukan melalui eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain randomized control posttest group only design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X MIA SMAN 3 Kota Solok, dan sampel dipilih dengan teknik purposive random cluster sampling, terpilih kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis dengan bantuan SPSS 16 software dan analisis jawaban modul siswa dengan rubrik penilaian. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar kelas eksperimen (81,25) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol (75,83). Dari uji statistika, diperoleh kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen serta uji-t menunjukkan bahwa nilai (sig) 0,048 < 0,05. Hasil analisis data hasil belajar diperoleh presentase ketuntasan 72,2%, dan analisis jawaban LK modul 84,40. Hasil analisis tingkat efektivitas modul 79,28 yang dikategorikan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul tata nama senyawa kimia berbasis discovery learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA di SMAN 3 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:12
Last Modified: 24 Jan 2020 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24842

Actions (login required)

View Item View Item