Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang

Nurhayati, Nurhayati (2018) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NURHAYATI_1301716_3689_2018.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan LKS eksperimen berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan model penelitian Randomized Control Group Pottest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik Cluster Sampling dan terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan analisis data dapat diungkapkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan LKS eksperimen sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,78 lebih tinggi dari pada kelas kontrol tanpa menggunakan LKS eksperimen sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing dengan nilai 77,11. Hasil analisis data didapatkan bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga thitung(2.078) > ttabel(1,67). Hal ini menunjukan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS eksperimen sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:40
Last Modified: 24 Jan 2020 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24834

Actions (login required)

View Item View Item