Pengembangan Modul Atom, Ion dan Molekul Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas IX SMP

Sara, Novi Yumelda (2018) Pengembangan Modul Atom, Ion dan Molekul Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NOVI_YUMELDA_SARA_14035085_3504_2018.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Atom, ion dan molekul merupakan materi pelajaran IPA SMP kelas IX semester 2, dimana materi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Untuk memahami materi ini diperlukan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul pembelajaran atom, ion dan molekul berbasis Guided discovery learning. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul atom, ion dan molekul berbasis guided discovery learning untuk kelas IX SMP, serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model 4- D. Model 4-D ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disseminate. Penelitian ini baru dilakukan sampai tahap develop yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Dari hasil analisis angket validitas diperoleh tingkat kevalidan modul pada kategori tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,87 dan tingkat kepraktisan pada kategori sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,95 berdasarkan angket respon guru, dan memiliki kategori kepraktisan tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,83 berdasarkan angket respon peserta didik. Disimpulkan bahwa modul atom, ion dan molekul berbasis guided discovery learning yang dihasilkan valid dan praktis digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:40
Last Modified: 24 Jan 2020 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24823

Actions (login required)

View Item View Item