Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Materna tis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang.

Melati, Melati (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Materna tis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MELATI_1305649_5289_2019.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Namun, kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang masih rendah. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model apakah pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung, dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Jenis penelitian ini adalah Quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling, kelas VIII 7 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis tes akhir, diperoleh P-value= 0,008 lebih kecil dari a= 0,05. Karena P-value < a maka Ho ditolak, artinya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Serta dari analisis kuis, diperoleh kemampuan komunikasi matematis peserta didik cukup baik pada setiap pertemuan selama diterapkan model pembelajaran kooperatiftipe Think Talk Write. Kata Kunci - Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Model Pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:39
Last Modified: 24 Jan 2020 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24808

Actions (login required)

View Item View Item