Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis PesertaDidik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang.

Darmansyah, Rizki (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis PesertaDidik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIZJKI_DARMANSYAH_14029095_5347_2019.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap peserta didik dalam belajar matematika. Namun, dari hasil observasi yang diperoleh kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang masih dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung lebih pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melaksanakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, salah satunya yaitu model Kooperatif Tipe Think Pair Square. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Square lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dikelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang. J enis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas XI MIPA.1 sebagi kelas eksperimen dan kelas XI MIPA.3 sebagi kelas kontrol. Data kemampuan penalaran matematis dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang belajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik dalam kemampuan penalaran matematis daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional dalam taraf nyata 0,05. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Square memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pembelajaran Konvensional, Model Pembelajaran Kooperatiftipe Think Pair Square, Kemampuan Penalaran Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:56
Last Modified: 22 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24767

Actions (login required)

View Item View Item