Hubungan Kekuatan Otot Tungkai dan Kelentukan Pinggang dengan Kemampuan Heading Pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan

Nugroho, Bayu Ichwan (2019) Hubungan Kekuatan Otot Tungkai dan Kelentukan Pinggang dengan Kemampuan Heading Pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_BAYU_ICHWAN_NUGROHO_1104688_1402_2019.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan kekuatan otot tungkai dan kelentukan pinggang sebagai variabel bebas dengan kemampuan heading pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan sebagai varibel terikat, penelitian ini dilaksanakan di lapangan Siguntur Muda Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah bersifat korelasional, yang bertujuan untuk melihat hubungan antara variable bebas dengan variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh pemain sepakbola SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan yang berjumlah 102 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, jadi jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kekuatan otot tungkai adalah vertical jump test, kelentukan pinggang diukur dengan sit and reach test, dan untuk melihat kemampuan heading pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan dipakai tes heading bola (menyundul bola). Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dengan taraf signifikan α = 0,05, dari analisis data dapat diperoleh hasil : 1) Terdapat hubungan yang berarti antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan heading pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan dengan perolehan rhitung 0,46 > rtabel 0,361. 2) terdapat hubungan yang berarti antara kelentukan pinggang dengan kemampuan heading pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan dengan perolehan rhitung 0,68 > rtabel 0,361. 3) terdapat hubungan yang berarti antara kekuatan otot tungkai dan kelentukan pinggang secara bersama-sama dengan kemampuan heading pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan perolehan rhitung 0,69 > rtabel 0,361.Pengujian signifikansi koefisien korelasi diperoleh F_hitung (11,5) > F_tabel (3,35), maka terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dan kelentukan pinggang secara bersama-sama dengan kemampuan heading pemain SSB Putra Siguntur Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:56
Last Modified: 22 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24766

Actions (login required)

View Item View Item