Analisis Struktur Gerak Tari Indang Tagak Minang Saiyo Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Agusty, Mia Shella (2019) Analisis Struktur Gerak Tari Indang Tagak Minang Saiyo Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MIA_SHELLA_AGUSTY_15023071_5696_2019.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan struktur gerak Tari Indang Tagak Minang Saiyo Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera foto dan kamera video. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah­ langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur Gerak Tari Indang Tagak Minang Saiyo di Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan terdiri dari kinem 66 unsur, morfokinem 33 unsur, motif 16 unsur, pasal 7 unsur dan satu bentuk tari keseluruhan yaitu Tari Indang Tagak Minang Saiyo. Tata hubungan hirarkis terdiri dari lima tingkat yaitu kinem, morfokinem, motif, pasal dan tari keseluruhan. Sedangkan tata hubungan yang terdapat pada tarian ini yaitu tata hubungan Sintagmatis dan Paradigmatis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:12
Last Modified: 21 Jan 2020 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24712

Actions (login required)

View Item View Item