Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas XI Tingkat SMA/MA

Qaidah, Annisatul (2018) Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas XI Tingkat SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ANNISATUL_QAIDAH_14035019_3191_2018.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Modul termokimia berbasis pendekatan saintifik dapat membantu siswa dalam memahami konsep, yang disusun berdasarkan tahapan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul termokimia berorientasi chemistry triangle dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Educational Design Resesarch (EDR) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tigas tahap yaitu (1) Penelitian Pendahuluan (Preliminary Research), (2) Fase Pengembangan (Prototyping Phase), (3) Fase Penilaian (Assessment Phase). Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas yang dianalisa dengan momen kappa (k). Hasil uji validitas diperoleh momen kappa 0,81 dengan kevalidan tinggi. Hasil uji praktikalitas pada small grup diperoleh momen kappa 0,81 dengan kepraktisan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas pada field test diperoleh momen kappa 0,83 berdasarkan angket respon guru dengan kepraktisan sangat tinggi dan diperoleh momen kappa 0,82 berdasarkan angket respon siswa dengan kepraktisan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul termokimia berbasis pendekatan saintifik kelas XI SMA/MA valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:52
Last Modified: 17 Jan 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24685

Actions (login required)

View Item View Item