Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Jump Shot Atlet BolaBasket SMA Negeri 1 Kabupaten Mukomuko

Putra, Wendy Mandala (2019) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Jump Shot Atlet BolaBasket SMA Negeri 1 Kabupaten Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WENDY_MANDALA_PUTRA_14087289_4893_2019.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Kemampuan Jump Shoot atlet bolabasket SMA Negeri 1 Kabupaten Mukomuko, jump shot yang dilakukan tidak tepat sasaran, sering air ball dan mudah di block oleh lawan. Banyak faktor yang menyebabkan belum baiknya Jump Shot pemain tersebut, diantaranya adalah daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan. Untuk itu perlu dilakukan suatu penelitian dengan tujuan untuk mengetahui adakah kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan terhadap Jump Shoot. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian adalah atlet bolabasket SMA Negeri 1 Kabupaten Mukomuko berjumlah 34 orang. Sampel dengan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan keadaan tertentu sehingga tidak semua populasi dijadikan sampel.Data dikumpulkan menggunakan tes terhadap ketiga variabel tersebut. Data variabel daya ledak otot tungkai diambil dengan Vertical Jump, variabel koordinasi mata tangan menggunakan tes lempar tangkap bola, dan Jump Shot menggunakan tes Jump Shot. Teknik analisis data adalah dengan korelasi product-moment, dan korelasi ganda. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat kontribusi daya ledak otot tungkai memberikan kontribusi terhadap kemampuan jump shot atlet bolabasket SMA Negeri 1 Kabupaten Mukomuko, sebesar 20,99%. Koordinasi mata tangan memberikan kontribusi terhadap kemampuan jump shot atlet bolabasket SMA Negeri 1 Kabupaten Mukomuko, sebesar 24,13%. Daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan memberikan kontribusi terhadap kemampuan jump shot atlet bolabasket SMA Negeri 1 Kabupaten Mukomuko, sebesar 20,05%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:39
Last Modified: 16 Jan 2020 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item