Pembuatan Bahan Ajar Mengintegrasikan Sains, Teknologi, dan Lingkungan Berbasis Edmodo Pada Model Problem Based Instruction Materi Fluida Statik dan Dinamik terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI SMA

Tiarasari, Wenni (2018) Pembuatan Bahan Ajar Mengintegrasikan Sains, Teknologi, dan Lingkungan Berbasis Edmodo Pada Model Problem Based Instruction Materi Fluida Statik dan Dinamik terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WENI_TIARASARI_1301599_3225_2018.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan referensi berisi informasi yang disusun secara sistematis. Kenyataan di sekolah, bahan ajar yang dibuat guru belum optimal mengintegrasikan pembelajaran Fisika dengan ilmu pengetahuan lainnya serta aplikasi fisika dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah membuat bahan ajar yang mengintegrasikan Sains, Teknologi dan Lingkungan (STL) dalam pembelajaran Fisika dengan bantuan pembelajaran ICT melalui model pembelajaran berorientasi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar mengintegrasikan STL berbasis edmodo pada model Problem Based Instruction materi fluida statik dan dinamik dengan deskripsi yang baik, desain yang valid dan praktis dalam pembelajaran Fisika. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis research and development (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D yang direduksi menjadi 3-D dengan tahap pendefenisian, perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian adalah 3 orang validator yaitu dosen fisika FMIPA UNP, 2 orang guru fisika dan 31 orang peserta didk SMAN 1 Padang. Objek peneliti an ini adalah bahan ajar mengintegrasikan Sains, Teknologi dan Lingkungan bahan ajar mengintegrasikan Sains, Teknologi dan Lingkungan berbasis edmodo pada model Problem Based Instruction materi fluida statis dan dinamik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan pertama, produk bahan ajar mengintegrasikan STL berbasis edmodo pada model Problem Based Instruction materi fluida statis dan dinamik. Kedua, produk bahan ajar mengintegrasikan STL berbasis edmodo berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata 80%. Ketiga, bahan ajar mengintegrasikan STL berbasis edmodo berada pada kategori praktis menurut guru dengan nilai 86,25%, sedangkan menurut siswa bahan ajar mengintegrasikan STL berbasis edmodo berada pada kategori praktis dengan nilai rata-rata 89,05%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:27
Last Modified: 14 Jan 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24601

Actions (login required)

View Item View Item