Analisis Perbandingan Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan LKS IPA Terpadu Tema Pemanfaatan Gelombang Bermuatan Literasi pada Kelas VIII SMPN 15 Padang

Aguza, Silvia (2018) Analisis Perbandingan Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan LKS IPA Terpadu Tema Pemanfaatan Gelombang Bermuatan Literasi pada Kelas VIII SMPN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SILVIA_AGUZA_14033020_4484_2018.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA pada kurikulum 2013 dilaksanakan secara terpadu. Namun kenyataan yang terjadi di sekolah adalah bahwa proses pembelajaran IPA terpadu belum dilaksanakan secara terpadu. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan LKS IPA Terpadu yang bermuatan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kompetensi siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan LKS IPA Terpadu tema pemanfaatan gelombang bermuatan literasi dalam pendekatan saintifik pada kelas VIII SMPN 15 Padang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain sebelum-sesudah. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 15 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 3 yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan cluster sampling. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi untuk kompetensi sikap, tes tertulis berbentuk pilihan ganda untuk kompetensi pengetahuan, dan penilaian kinerja untuk keterampilan literasi. Data dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis komparatif dua sampel berkorelasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan berarti kompetensi siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS IPA Terpadu tema pemanfaatan gelombang bermuatan literasi pada kelas VIII SMPN 15 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Artinya,Penggunaan LKS IPA Terpadu tema pemanfaatan gelombang bermuatan literasi memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi siswa mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:26
Last Modified: 14 Jan 2020 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24597

Actions (login required)

View Item View Item