Hubungan Minat dan Sikap Mahasiswa terhadap Strategi Pembelajaran dengan Capaian Pembelaajaran pada Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan di Jurusan Biologi FMIPA UNP

Fitri, Rahmadhani and Lufri, Lufri (2017) Hubungan Minat dan Sikap Mahasiswa terhadap Strategi Pembelajaran dengan Capaian Pembelaajaran pada Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan di Jurusan Biologi FMIPA UNP. In: Prosiding semirata 2017 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat: Peran Sains, Teknologi dan Pendidikan MIPA dalam Menopang Sains Park, Teknopaark, serta Geopark Berbasis Argoindustri dan Lingkungan, 12-14 Mei 2017, Jambi.

[img]
Preview
Text
11. Rahmadhani Fitri - Semirata Jambi 2017.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat dan sikap mahasiswa terhadap strategi pembelajaran yang digunakan dosen dengan capaian pembelajaran pada mata kuliah metode penelitian pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Teknik pengambilan sampel adalah saturation sampling. Populasi penelitiannya adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2014. Pengumpulan data minat dan sikap terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan dosen menggunakan angket. Data capaian kompetensi didapatkan dari nilai akhir mahasiswa pada mata kuliah metode penelitian pendidikan. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Spearman-Rank dan selanjutnya digunakan uji-t untuk melihat keberartian suatu korelasi serta melihat persentase sumbangan dari hubungan variabel yang terjadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat dan sikap mahasiswa terhadap strategi pembelajaran yang digunakan dosen dalam perkuliahan metode penelitian adalah baik. Tidak tedapat hubungan yang positif antara minat dan sikap mahasiswa terhadap strategi pembelajaran secara terpisah ataupun bersama-sama dengan capaian pembelajaran masing-masingnya dengan sumbangan nilai 2.5%, 1.5%, dan 0.06%. Terdapat hubungan yang positif antara minat dengan sikap mahasiswa terhadap strategi pembelajaran dengan sumbangan nilai 58,81%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:33
Last Modified: 13 Jan 2020 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item View Item