Efektivitas Modul Hukum Dasar Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIASMA Pertiwi 1 Padang.

Sausan, Saniyyah (2019) Efektivitas Modul Hukum Dasar Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIASMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SANIYYAH_SAUSAN_15035013_2959_2019.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektifitas modul hukum dasar kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada kelas X MIA SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan menggunakan rancangan penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian diambil dengan teknikpurposive sampling. Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument penelitian kognitif (Pretes dan Posttest) berupa soal pilihan ganda dan Instrumen penilaian psikomotor berupa lembar penilaian. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kelas eksperimen yang menggunakan modul hukum dasar kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen memperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 88,07 dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan modul yaitu 78,7. Hasil analisis data didapatkan bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga thitung(2,17) > ttabel(l,67). Hasil penelitian menunjukkan N-gain kelas eksperimen 0,7 (tinggi) > kelas kontrol 0,6 (sedang). Kesimpulan dari penelitian membuktikan bahwa modul hukum dasar kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Pertiwi 1 Padang. Kata kunci efektifitas, modul inkuiri terbimbing, terintegrasi eksperimen, hukum dasar kimia, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:39
Last Modified: 10 Jan 2020 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24554

Actions (login required)

View Item View Item