Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Based Learning Berbantuan Aplikasi Tracker Pada Materi Momentum dan Impuls Pembelajaran Fisika SMA

Fadilah, Rizki (2019) Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Based Learning Berbantuan Aplikasi Tracker Pada Materi Momentum dan Impuls Pembelajaran Fisika SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIZKI_FADILAH_17175025_4760_2019.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

LKPD memegang peranan penting dalam pembelajaran. Salah satunya sebagai sumber belajar, LKPD dapat menuntun peserta didik untuk memahami materi fisika. Namun, LKPD yang tersedia memiliki beberapa kekurangan yaitu belum sesuai dengan struktur LKPD yang baik, belum memuat penggunaan model inquiry based learning. Selain itu, penggunaan LKPD hanya pada materi yang mudah untuk dianalisis karena keterbatasan alat dan media. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis inquiry based learning berbantuan aplikasi tracker pada materi momentum dan impuls pembelajaran fisika SMA dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Data penelitian terdiri dari data validitas, praktikalitas dan efektifitas. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar praktikalitas peserta didik dan guru, lembar observasi sikap, tes pilihan ganda dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil analisis awal akhir berupa analisis performa dengan kategori baik, aspek pengetahuan dan keterampilan harus ditingkatkan, kemudian sikap disiplin dan tanggung jawab harus diperkuat, serta metode, model dan sumber belajar harus maksimal. Hasil analisis peserta didik berupa kemampuan umum, kreativitas, motivasi, menyelidiki dan mengolah perlu di tingkatkan. Hasil analisis materi diperoleh untuk menyesuaikan pemilihan materi yang akan diajarkan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Hasil penelitian pada tahap desain diperoleh LKPD dirancang berbasis model inquiry based learning berbantuan aplikasi tracker. Hasil tahap pengembangan LKPD memenuhi kriteria valid 0,86. Hasil tahap implementasi LKPD memenuhi kriteria sangat praktis dari respon guru 88,9% dan respon peserta didik 88,71%. Tahap evaluasi LKPD memenuhi kriteria efektif dengan nilai sikap 85,81%, pengetahuan 84,68% dan keterampilan 84,45%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD berbasis inquiry based learning berbantuan aplikasi tracker yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:38
Last Modified: 09 Jan 2020 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24535

Actions (login required)

View Item View Item