Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Problem Solving PesertaDidik Tentang MateriPerubahanIklim Kelas VII di SMPN 34 Padang

Gustia, Rika (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Problem Solving PesertaDidik Tentang MateriPerubahanIklim Kelas VII di SMPN 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIKA_GUSTIA_15031021_2518_2019.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian nu dilatarbelakangi dengan permasalahan rendahnya keterampilan problem solving peserta didik. Dalam proses pembelajaran guru jarang melatih keterampilan problem solving peserta didik dan saat ini literasi Sains di Indonesia rendah dibandingkan negara lain. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan problem solving peserta didik juga rendah. Hasil tes pendahuluan, menunjukkan rata-rata keterampilan problem solving peserta didik kurang dari 50%. Berdasarkan hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan problem solving peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model problem solving terhadap keterampilan problem solving peserta didik kelas VII SMPN 34 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 34 Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian peserta didik kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan VII.5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik porposive sampling. Instrumen berupa lembar observasi pengamatan aktivitas peserta didik untuk memperoleh data keterampilan problem solving, lembar observasi untuk memperoleh data sikap ilmiah, lembar soal untuk memperoleh data pengetahuan. Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji-t diperoleh data terdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Pada uji hipotesis diperoleh hasil thitung 2,24 > ttabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem solving berpengaruh positif berarti terhadap keterampilan problem solving peserta didik tentang materi perubahan iklim kelas VII SMPN 34 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:07
Last Modified: 08 Jan 2020 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24514

Actions (login required)

View Item View Item