Analisis Konsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Teknik Certainty of Response Index (CRI) di Kelas VIII SMPN 4 Payakumbuh

Aprilianti, Reni (2019) Analisis Konsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Teknik Certainty of Response Index (CRI) di Kelas VIII SMPN 4 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RENI_APRILIANTI_14029090_3185_2019.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Konsep merupakan suatu gagasan, pemahaman serta pemikiran terhadap suatu topik. Dalam matematika konsep merupakan hal dasar yang hams di pahami, namun kenyataannya masih banyak peserta didik yang tidak paham konsep dan juga mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi peserta didik, serta mendeskripsikan faktor-faktor penyebab peserta didik tidak paham konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII 4 SMPN 4 Payakumbuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang teridentifikasi tidak paham konsep terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel adalah 97,04% peserta didik yang teridentifikasi paham konsep sebanyak 2,96%, sedangkan tidak terdapat peserta didik yang teridentifikasi miskonsepsi. Konsep yang paling tidak mampu diselesaikan peserta didik dalam menjawab soal adalah soal yang berkaitan dengan masalah kontekstual menggunakan metode eliminasi/substitusi/gabungan. Faktor yang menyebabkan peserta didik tidak paham konsep adalah kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika sehingga mengakibatkan peserta didik: a) peserta didik sering mengobrol ketika jam pelajaran, b) kurangnya kemauan peserta didik untuk mendiskusikan pembelajaran ketika diberi waktu untuk mengerjakan latihan. Peserta didik cendrung hanya menyalin pekerjaan teman, c) rasa malas terhadap pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:30
Last Modified: 08 Jan 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24488

Actions (login required)

View Item View Item