Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Pendekatan STEM untuk meningkatakan Berpikir Kritis Peserta Didik

Selisne, Mitri (2019) Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Pendekatan STEM untuk meningkatakan Berpikir Kritis Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MITRI_SELISNE_17175044_4719_2019.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Kompetensi Fisika peserta didik masih belum optimal. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan bahan ajar berupa modul yang belum sesuai dengan struktur modul yang baik, belum memuat pendekatan STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan berpikir kritis dengan kriteria valid, praktis,danefektif. Jenis penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari tahappenelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi nilai sikap, dan lembar penilaian keterampilanpeserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas modul, analisis kepraktisan modul, dan analisis keefektifan modul. Hasil penelitian pada tahap penelitian pendahuluan diperoleh bahwa analisis kebutuhan, analisis peserta didik dan analisis materi diperlukan untuk menjadi acuan pengembangan menggunakan pendekatan STEM. Hasil penelitian pada tahap desain diperoleh modul dirancang menggunakan pendekatan STEM. Hasil tahap pengembangan modul memenuhi kriteria valid 0,80. Hasil tahap implementasi modul memenuhi kriteria sangat praktis dari angket respon guru adalah 91,41% dan peserta didik 80,60% dengan kriteria sangat praktis. Penggunaan modul juga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Fisika dan meningkatkan berpikir kritis peserta didik. sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan modulFisika dengan menggunakan pendekatan STEM efektif untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:29
Last Modified: 08 Jan 2020 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24480

Actions (login required)

View Item View Item