Pengembangan Media E-Learning Berbasis Web di Sekolah Menengah Kejuruan

Gerieska, Olgi (2019) Pengembangan Media E-Learning Berbasis Web di Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_OLGI_GERIESKA_16138068_2249_2019.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar baik di sekolah maupun di rumah, media yang ada belum mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media e-learning berbasis web pada mata pelajaran pemograman dasar yang valid, praktis dan efektif. Desain Penelitian ini menggunakan four-D yang langkah-langkahnya terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data yang didapatkan langsung dari sumbernya, yaitu sekolah, guru, pakar dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media e-learning berbasis web yang digunakan untuk pembelajaran secara online. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan ini adalah sebuah media yang valid dengan rata-rata validitas media sebesar 0,89 dan validitas materi sebesar 0,92 dan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon guru sebesar 94,44% dan respon siswa sebesar 85,21%, serta efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 42.79% dengan kategori sedikit menjadi 85.58% dengan kategori sangat banyak dan berdampak terhadap hasil belajar yang dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 88,46% dan nilai gain score sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-learning berbasis web yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah media untuk pembelajaran pemograman dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:14
Last Modified: 05 Dec 2019 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24323

Actions (login required)

View Item View Item