Peranan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat

Daeli, Frensis Ceriana (2019) Peranan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FRENSIS_CERIANA_DAELI_17147032_4761_2019.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai peranan kepala sekolah dalam layanan bimbingan dan konseling yang belum optimal, sehingga banyak siswa yang tidak mendapat layanan bimbingan dan konseling dengan efektif. Fokus penelitian adalah, ingin mengetahui peran kepala sekolah, Bagaimana kepala sekolah dalam pelayanan bimbingan dan konseling dan bagaimana meningkatkan layanan bimbingan dan konseling yang efektif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menjadi informan penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, wakil kepala sekolah dan guru yang mengajar di sana. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian terungkap bahwa peranan kepala sekolah SMP Negeri 1 Kecamatan Sirombu dalam layanan bimbingan dan konseling belum optimal dalam melakukan pengawasan dan pembinaan. Pengawasan dan pembinaan yang dilakukan kepala sekolah dalam layanan bimbingan dan konseling, masih pembinaan yang bersifat menyeluruh dalam sekolah belum ada pembinaan yang khusus kepada guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling masih banyak kekurangan fasilitas, seperti ruangan bimbingan dan konseling yang belum ada di SMP Negeri 1 Sirombu Kabupaten Nias Barat. Kepala sekolah agar lebih meningkatkan pengetahuan terkait dengan layanan bimbingan dan konseling sehingga tercapai pelayanan bimbingan dan konseling yang bermandat dan bermartabat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Nov 2019 06:17
Last Modified: 29 Nov 2019 06:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24240

Actions (login required)

View Item View Item