Pengaruh Metode Latihan Interval With The Ball dan Latihan Fartlek terhadap Peningkatan VO2Max Pemain Sepakbola SSB MUSPAN Kota Padang.

Abdurrahman, Alfin (2019) Pengaruh Metode Latihan Interval With The Ball dan Latihan Fartlek terhadap Peningkatan VO2Max Pemain Sepakbola SSB MUSPAN Kota Padang. Other thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ALFIN_ABDURRAHMAN_15087269_4648_2019.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah sebagian besar daya tahan (VO2maks) pemain dalam kategori rendah. Hal ini diketahui dari kegiatan perlombaan yang dilakukan oleh tim sepakbola SSB Muspan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan interval with the ball dan latihan fartlek terhadap peningkatan VO2Maks pemain sepakbola SSB MUSPAN. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang dilakukan pada pemain SSB MUSPAN Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah pemain SSB MUSPAN Kota Padang yang berjumlah 223 orang yang terdiri dari 4 kelompok umur. Teknik pengambilan sampel dalampenelitian ini menggunakan purposive sampling. Penentuan sampelnya di landasi tujuan atau pertimbangan- pertimbangan tertentu terlebih dahulu, karna U 14 – U 16 sudah diberikan latihan fisik dalam proses latihan sehingga teknik ini dilakukan berdasarkan pertimbangan di atas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur VO2Maks. Dalam penelitian ini digunakan Tes Lari Multi tahap (Multistage Fitnes Test). Hasilanalisis data Hipotesis (1) menunjukkan bahwat hitung (1,89) >ttabel (1,76). Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian diterima terdapat pengaruh latihan interval with the ball terhadap peningkatan VO2Maks, Hipotesis (2) menunjukkan bahwat hitung (3,21) >ttabel(1,76). Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian diterima terdapat pengaruh latihan fartlek terhadap peningkatan VO2Max, Hipotesis (3) menunjukkan bahwat hitung (2,97) >ttabel (1,76). Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian diterima terdapat pengaruh latihan interval with the ball dan latihan fartlek yang signifikan terhadap peningkatan VO2Maks.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan interval with the ball dan latihan fartlek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kapasitas VO2Maks pemain SSB MUSPAN Kota Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:22
Last Modified: 26 Nov 2019 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24208

Actions (login required)

View Item View Item