Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar

Hakiki, Muhammad (2019) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUHAMMAD_HAKIKI_16138058_5641_2019.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, rendahnya hasil belajar disebabkan terbatasnya media pembelajaran dan terbatasnya waktu belajar dikelas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran e-learning berbasis web pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar yang valid, praktis dan efektif. Media ini dirancang guna membantu siswa dalam belajar dengan memanfaatkan teknologi komputer sehingga dapat memudahkan siswa belajar mandiri tanpa harus terikat dengan waktu dan tempat. Desain Penelitian ini menggunakan four-D yang langkah-langkahnya terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data yang didapatkan langsung dari sumbernya, yaitu sekolah, guru, pakar dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media berbasis web yang digunakan untuk pembelajaran secara online. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan ini adalah sebuah media yang valid dengan rata-rata validitas sebesar (0.91%), dan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon guru sebesar (90.00%) dan respon siswa sebesar (85.75%), serta efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang juga berimplikasi pada meningkatnya hasil belajar siswa dengan diperoleh perbandingan hasil preetest dan posttest terdapat peningkatan ketuntasan belajar sebesar (78.125%). Penelitian ini merekomendasikan untuk dapat dikembangkan dan diteliti lebih lanjut dengan menggunakan pengujian efektifitas yang lebih luas dan penyediaan kontent pempelajaran yang lebih lengkap guna mendapatkan masukan dan penyempurnaan penelitian ini sehingga dapat menemukan solusi yang tepat dalam menghadapi kendala-kendala dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:49
Last Modified: 20 Nov 2019 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24170

Actions (login required)

View Item View Item