Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kerinci

Santoso, Beri (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_3_BERI_SANTOSA_17205008_4558_2019.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education yang valid, praktis, dan efektif terhadap Kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil analisis terhadap lembar validasi RPP yang dikembangkan dikatakan sangat valid dengan persentase 89,29% dan LKPD yang dikembangkan juga menunjukkan dalam kategori sangat valid dengan persentase 88,02%. Perangkat pembelajaran juga praktis berdasarkan hasil analisis terhadap angket respon guru yaitu 82,32% dengan kategori praktis, angket respon peserta didik yaitu 84% dengan kategori praktis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yaitu 91,04% dengan kategori sangat praktis. Selain itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dengan melakukan uji T diperoleh hasil sig (2-tailed) = 0,00 < α = 0,05, maka tolak H_0 dan terima H_1. sehingga disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME memiliki perbandingan yang signifikan dengan yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran RME dan dari hasil rata-rata kelasnya juga menunjukkan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:36
Last Modified: 18 Nov 2019 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24151

Actions (login required)

View Item View Item