Pengaruh Lembar Kerja Siswa IPA terpadu Tema Gelombang dalam Kehidupan Mengintegrasikan Keterampilan Literasi terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang

Nurhafizah, Nurhafizah (2018) Pengaruh Lembar Kerja Siswa IPA terpadu Tema Gelombang dalam Kehidupan Mengintegrasikan Keterampilan Literasi terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NURHAFIZAH_14033056_4466_2018.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Keterampilan literasi dibutuhkan siswa dalam menjawab tantangan abad ke-21. Pemerintah Indonesia berupaya dalam memenuhi kebutuhan tersebut melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS diterapkan melalui tahap penumbuhan minat baca, menanggapi buku pengayaan, dan strategi membaca di semua mata pelajaran. Selain itu pemerintah juga mencoba meningkatkan kompetensi siswa melalui pembelajaran IPA terpadu di SMP. Kenyataan di lapangan menunjukkan hasil pembelajaran IPA terpadu masih tergolong rendah dan literasi siswa masih terbatas pada kemampuan membaca saja. Solusi alternatif untuk memecahkan masalah ini adalah menerapkan LKS IPA terpadu mengintegrasikan keterampilan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh penerapan Lembar Kerja Siswa IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan mengintegrasikan keterampilan literasi terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu desain penelitian kelompok kontrol non ekuivalen hanya dengan postes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling bertujuan. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, dan lembar kinerja untuk komoetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan analisis statistik menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa penerapan LKS IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan mengintegrasikan keterampilan literasi dalam pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. LKS IPA terpadu memberikan pengaruh terhadap kompetensi siswa pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, penerapan LKS IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan adalah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:47
Last Modified: 13 Nov 2019 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24080

Actions (login required)

View Item View Item