Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Hasil Belajar IPA Biologi untuk Siswa Kelas VII SMPN 32 Padang

Mutsaqofah, Shafuro (2019) Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Hasil Belajar IPA Biologi untuk Siswa Kelas VII SMPN 32 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SHAFURO_MUTSAQOFAH_1205582_2474_2019.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Berpikir merupakan salah satu hal yang mempemgaruhi hasil belajar siswa. Upaya pengembangan berpikir kreatif di sekolah-sekolah di Indonesia masih j arang dilakukan, padahal keterampilan berpikir kreatif sangat besar manfaatnya dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dengan hasil belajar IPA biologi siswa kelas kelas VII SMPN 32 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sample penelitian berjumlah 63 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 30 butir pemyataan. Hasil analisis korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar biologi pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 32 Padang adalah 0,22 dan tergolong agak rendah. Koefisien determinasi sebesar 4,84% artinya kemampuan berpikiran kreatif memberikan kontribusi sebesar 4,84% terhadap hasil belajar. Dari uji t, diperoleh (thitung = 1,76 > 1tabel = 1,67) maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang berarti antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar biologi pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 32 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Nov 2019 01:23
Last Modified: 12 Nov 2019 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24058

Actions (login required)

View Item View Item