Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman.

Juandika, Suci (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SUCI_JUANDIKA_15029083_3175_2019.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang hams dimiliki oleh peserta didik. Hal ini termuat dalam lampiran Permendikbud No. 58 Tahun 2014. Namun kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman masih rendah. Solusi yang dipilih adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write yang dapat membuat peserta didik mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperartif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung pada kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Dari hasil pengundian, terambil kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis, tes kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Pembuktian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-T. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai P-value 0,000. Karena P- value < a= 0,05, artinya tolak H0, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung. Kata kunci: model pembelajaran kooperatiftipe Think Talk Write, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:08
Last Modified: 08 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item View Item