Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi BelajarPeserta Didikpada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 4 Pariaman.

Khairunnisa, Khairunnisa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi BelajarPeserta Didikpada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_KHAIRUNNISA_15031035_2961_2019.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMAN 4 Pariaman yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, rendahnya kompetensi belajar literasi sains peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay bermuatan literasi sains pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 4 Pariaman. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belaj ar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 4 Pariaman. J enis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 4 Pariaman tahun ajaran 2018/2019 berjumlah lima kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, yang terpilih kelas XI IPA.1 dan IPA.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung4,13 > ttabel 1, 6 7, dan pada kompetensi keterampilan thitung3 ,21<1,67 ttabel. Kompetensi sikap didapatkan 80% kategori baik, sedangkan kelas kontrol 72 % kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran kooperatif tipe course review horay bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 4 Pariaman. Kata kunci: Kooperatif Tipe Course Review Horay, Literasi Sains, Kompetensi Be/ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Nov 2019 01:40
Last Modified: 07 Nov 2019 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item