Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 22 Padang

Pinta, Pegi Desvika Darma (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_PEGI_DESVIKA_DARMA_ PINTA_5029015_3176_2019.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang hams dicapai oleh peserta didik. Namun kegiatan pembelajaran di sekolah belum optimal memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya adalah seluruh peserta didik Kelas VII SMP Negeri 22 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VII.1 terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu soal kuis yang mengukur pemahaman konsep matematis peserta didik yang diadakan setiap pertemuan dan tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, nilai kuis 6 pertemuan mengalami kenaikan kecuali pada kuis ke-5, disimpulkan bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh P-value = 0, disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two, Pembelajaran Langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Nov 2019 01:40
Last Modified: 07 Nov 2019 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item