Perbandingan Kompetensi Siswa Yang Diberi Modul Multimedia Interaktif dengan Diberi Buku Teks Untuk Materi Kinematika Pada Kelas X Sma Negeri 2 Painan

Gustama, Ari (2018) Perbandingan Kompetensi Siswa Yang Diberi Modul Multimedia Interaktif dengan Diberi Buku Teks Untuk Materi Kinematika Pada Kelas X Sma Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ARI_GUSTAMA_1305736_3611_2018.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan hal penting yang harus dimiliki seorang guru. Hal ini dikarenakan bahan ajar mengandung materi pembelajaran yang tersusun secara sistematis yang nantinya akan menimbulkan pengaruh pada hasil belajar peserta didik. Bahar ajar ini dapat berupa non-cetak (modul multimedia interaktif) dan dapat juga berupa cetak (buku teks).Tujuan penelitian ini untuk meneliti perbedaan hasil belajar Fisika siswa antara menggunakan modul multimedia interaktif dan buku teks pada materi Kinematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Painan. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Painan yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018. Melalui teknik purposive sampling dan Cluster random sampling didapatkan kelas X MIPA 5 sebagai eksperimen I dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen II. Perbandingan yang diuji adalah hasil belajar Fisika siswa dalam ranah kognitif antara menggunakan modul multimedia interaktif dan buku teks pada materi Kinematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar Fisika siswa dalam ranah kognitif. Hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan dilanjutkan dengan analisis data didapatkan Rata-rata nilai kelas yang menggunakan modul multimedia interaktif lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan buku teks. Nilai rata-rata kelas yang menggunakan modul multimedia interaktif adalah 74,656 dan kelas yang menggunakan buku teks memiliki nilai rata-rata sebesar 62,09696 . setelah dilakukan uji-t didapatkan thitung> ttabel=3,855>1,998 pada taraf signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti kompetensi siswa yang menggunakan modul multimedia interaktif dengan kompetensi siswa yang menggunakan buku teks pada materi Kinematika di SMA 2 Painan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:57
Last Modified: 04 Nov 2019 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23979

Actions (login required)

View Item View Item