Penerapan Individual Learning pada Pembelajaran Bass Elektrik bagi Siswa Tunanetra dalam menggunakan Media Braille SMK Negeri 7 Padang

Pertiwi, Chyntia (2019) Penerapan Individual Learning pada Pembelajaran Bass Elektrik bagi Siswa Tunanetra dalam menggunakan Media Braille SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Chyntia_Pertiwi_15023067_2446_2019.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan tentang penerapan individual learning bagi siswa tunanetra di SMKN 7 Padang yang berkaitan dengan pembelajaran bass dengan melakukan penerapan belajar secara individu khusus siswa tunanetra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Data yang diperoleh dengan pengamatan studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan proses pembelajaran bass yang dipelajari oleh siswa berkebutuhan khusus. Hasil pembelajaran bass elektrik di SMKN 7 Padang memakai penerapan individual learningyang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran bass elektrik. Serta terdapat berbagai tahapan dalam proses pembelajaran. Siswa yang pada awalnya terlihat malas dalam melakukan pembelajaran bass bersama dengan siswa normal dikarenakan mereka terhambat dalam beberapa hal seperti membaca bahan materi. Setelah menggunakan pembelajaran secara individual dengan cara menuliskan bahan latihan kedalam notasi musik braille sehingga membuat siswa mudah dalam berproses sambil membaca secara individu, serta memanfaatkan kemampuan siswa tunanetra dengan indera pendengarannya yang baik, siswa berlatih bahan melodi bass secara individual. Dan basil akhir pembelajaran yang diperoleh yaitu kemampuan siswa tunanetra meningkat dalam pembelajaran bass elektrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:55
Last Modified: 04 Nov 2019 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23952

Actions (login required)

View Item View Item