Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP Negeri 22 Padang

Fitri, Hayatul (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Hayatul_Fitri_15023009_2735_2019.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMPN 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, tape rekorder dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, wawancara, dan observasi. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah mengumpulkan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, mendeskripsikan dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Guru kurang relevan karena topik pelajaran di Kl 3 SMP semester II adalah bermain musik Ansambel Sejenis (daerah setempat/nusantara). Karena ketidaksesuaian topik pelajaran dalam Kl 3 mengakibatkan KD dan indikator KD juga tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan Kl 3. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran tidak memuat domain kognitif, afektif, dan psikomotor. Media yang digunakan tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dari semua permasalahan diatas akhirya performensi guru dalam melaksanakan pembelajaran menjadi kurang memadai dan akhirnya pembelajaran menjadi kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:26
Last Modified: 31 Oct 2019 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item View Item