Ardhi, Al Fathan Firassan and Marlina, Marlina (2018) Peningkatan Kelincahan Gerak Anak Tunagrahita Ringan Melalui Gerakan Basic Breakdance. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus (JUPPEKhu), 6 (2). pp. 47-53. ISSN 2622-5077
|
Text
102719-31318-1-PB 13.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh masalah yang ditemukan di SLB YPPLB Padang , ada lima siswa retardasi mental ringan yang mengalami hambatan dalam gerakan mereka, terutama dalam hal kelincahan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri anak dalam bersosialisasi baik dengan teman atau masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah efektif menggunakan gerakan breakdance dasar untuk meningkatkan kelincahan gerakan anak retardasi mental di SLB YPPLB Padang, metode penelitian kuasi-eksperimental dari satu kelompok desain pretest-posttest. Tes penelitian ini menggunakan instrumen tes langkahlangkah gerakan breakdance dasar untuk menghitung kemampuan seorang anak dalam kelincahan gerakannya dan diuji melalui uji Wilcoxon dengan SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gerakan breakdance dasar efektif dalam meningkatkan kelincahan pergerakan anak retardasi mental ringan di YPPLB Padang SLB. Ini terbukti dari pengujian hipotesis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 03:44 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 03:44 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23894 |
Actions (login required)
View Item |