Hubungan Motivasi Belajar Intrinsik dengan Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang

Arafika, Yulia (2018) Hubungan Motivasi Belajar Intrinsik dengan Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YULIA_ARAFIKA_14031063_4395_2018.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kompetensi belajar peserta didik dipengaruhi oleh kemampuan internal sebesar 70% dan kemampuan eksternal 30%. Faktor internal maupun faktor eksternal akan sangat erat hubungannya dalam pencapaian kompetensi belajar peserta didik. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi kompetensi belajar peserta didik adalah motivasi. Motivasi penting pada pembelajaran karena menjadi salah satu faktor penyebab seseorang untuk belajar. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar. Namun kenyataannya di lapangan, peserta didik di SMPN 25 Padang masih kurang aktif dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan motivasi belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar intrinsik dengan kompetensi belajar IPA pada ranah kognitif peserta didik Kelas VIII SMPN 25 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMPN 25 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018 dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dan selanjutnya digunakan Uji-t untuk mengetahui koefisien korelasi signifikan atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kompetensi belajar IPA pada ranah kognitif peserta didik kelas VIII SMPN 25 Padang dengan nilai rxy sebesar 0,73.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:29
Last Modified: 30 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item