Hubungan Antara Persepsi tentang Variasi Mengajar yang Digunakan Guru dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Fadly, Yuafriza (2018) Hubungan Antara Persepsi tentang Variasi Mengajar yang Digunakan Guru dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YUAFRIZA_FADLY_14031112_4100_2018.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik, terutama dalam hal menumbuhkan semangat dan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu guru dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA harus bisa memberikan suatu inovatif yang baru untuk menarik minat belajar peserta didik, agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik minat belajar peserta didik adalah dengan melakukan variasi dalam mengajar oleh guru. Penggunaan variasi dalam mengajar yang tepat diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi peserta didik tentang variasi mengajar yang digunakan guru dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Hal ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket persepsi tentang variasi mengajar yang di gunakan guru dan angket minat belajar kepada peserta didik. Pernyataan dalam angket masing-masing terdiri atas 54 butir pernyataan untuk persepsi dan 35 butir pernyataan untuk minat belajar. Angket ini divalidasi terlebih dahulu oleh dosen pembimbing. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang variasi mengajar yang digunakan guru dengan minat belajar IPA peserta didik kelas VII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan koefisien korelasi nya 0,729. Sehingga hubungan persepsi tentang variasi mengajar yang digunakan guru dangan minat belajar IPA peserta didik dinyatakan cukup kuat dengan sumbangan persepsi terhadap minat belajar sebesar 53,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:29
Last Modified: 30 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item