Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Kompetensi Belajar Ranah Kognitif IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang

Zuriyani, Winda (2018) Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Kompetensi Belajar Ranah Kognitif IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_WINDA_ZURIYANI_14031038_4102_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara terus menerus yang diperoleh dari proses belajar yang dilakukan secara otomatis yang mengarah kepada penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Kebiasaan belajar setiap peserta didik berbeda-beda sesuai dengan karakteristik masing-masing peserta didik, dengan kata lain kebiasaan belajar merupakan caracara belajar yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang dapat mempengaruhi kompetensi belajar peserta didik, terutama pada ranah kognitif. Namun kenyataannya di lapangan peserta didik di SMPN 25 Padang masih memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan kompetensi belajar ranah kognitif IPA peserta didik kelas VIII SMPN 25 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh peserta didik Kelas VIII SMPN 25 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dan selanjutnya digunakan Uji-t untuk mengetahui koefisien korelasi signifikan atau tidak. Untuk melihat persentase sumbangan pengaruh kebiasaan dengan kompetensi belajar kognitif IPA peserta didik dilakukan analisis menggunakan koefisien penentu/determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan kompetensi belajar ranah kognitif IPA peserta didik sebesar 60.84%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajarberhubungan sangat erat dengan kompetensi belajar ranah kognitif IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:29
Last Modified: 30 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item View Item