Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Tentang Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Sari, Vina Widya (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Tentang Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_VINA_WIDYA_SARI_14031037_3333_2018.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya LKPD berbasis pendekatan saintifik, sehingga peserta didik belum aktif dalam membangun pengetahuan. Kurikulum 2013 meminta peserta didik dapat melakukan langkahlangkah pendekatan ilmiah atau pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku yang digunakan peserta didik belum memuat keseluruhan dari langkah-langkah pendekatan saintifik. Materi sistem pencernaan pada manusia merupakan materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Tentang Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari 3 tahap yaitu investigasi awal, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Kegiatan pada tahap penilaian tanpa melakukan uji efektifitas, karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian adalah 28 orang peserta didik, satu orang guru dan dua orang dosen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar self evaluation, angket evaluasi one to one, small group, field test, angket validitas, dan angket praktikalitas. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan produk berupa LKPD berbasis pendekatan saintifik. Hasil uji validitas dengan nilai rata-rata 4,36 dengan kriteria sangat valid dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas dengan nilai rata-rata 4,33 dengan kriteria sangat praktis oleh guru dan 4,56 dengan kriteria sangat praktis oleh peserta didik dari aspek kemudahan penggunaan, efektifitas waktu pembelajaran, daya tarik, dan manfaat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:29
Last Modified: 30 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23872

Actions (login required)

View Item View Item