Analisis Kesadaran Metakognisi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Sumatera Barat

Fadhilah, Unce Uti (2018) Analisis Kesadaran Metakognisi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_UNCE_UTI_FADHILAH_14031107_4043_2018.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Kesadaran metakognisi adalah pengetahuan dan kesadaran tentang proses kognisi, atau pengetahuan tentang pikiran dan cara kerjanya. Metakognisi merupakan pemikiran peserta didik tentang bagaimana mereka sendiri berpikir dan tentang kemampuan mereka dalam menggunakan strategi belajar tertentu dengan tepat. Secara umum, metakognisi terbagi atas dua komponen yaitu pengetahuan metakognisi (pengetahuan deklaratif, prosedural, kondisional) dan pengalaman atau regulasi metakognisi (perencanaan, strategi manajemen informasi, memantau secara menyeluruh, strategi mengkoordinasi kesalahan, penilaian). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Sumatera Barat tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 83 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah saturation sampling. Dengan sampel berjumlah 83 orang peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan angket untuk peserta didik. Sementara, untuk data hasil belajar kognitif biologi diperoleh langsung dari sekolah yaitu rata-rata nilai ulangan harian biologi semester dua tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai r sebesar 0.236 dengan interpretasi hubungan lemah atau rendah antara kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif biologi. Kontribusi kesadaran metakognisi peserta didik terhadap hasil belajar kognitif biologi peserta didik hanya sebesar 5.6%.sedangkan sisanya berkisar 94.4% hasil belajar kognitif biologi peserta didik dipengaruhi oleh faktorfaktor lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kesadaran metakognisi peserta didik di SMA Negeri 1 Sumatera Barat, berada pada taraf baik (skor rata-rata 181.87; persentase 73.28%) dan aspek kesadaran metakognisi yang paling menonjol adalah pengetahuan prosedural (77.41%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:29
Last Modified: 30 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23871

Actions (login required)

View Item View Item