Hubungan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia di Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang

Yanti, Suci Rahmi (2018) Hubungan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia di Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SUCI_RAHMI_YANTI_14031061_4064_2018.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Kesehatan reproduksi adalah salah satu masalah utama yang terjadi pada remaja di Indonesia. Berbagai penyakit organ reproduksi terjadi, seperti kanker serviks, kanker ovarium, kanker rahim, dan penyakit menular seksual. Insiden berbagai masalah kesehatan reproduksi tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh remaja mengenai kesehatan reproduksi. Masalah ini perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk guru. Namun, beberapa guru masih kurang memahami penyampaian materi kesehatan reproduksi dengan benar. Maka dari itu mahasiswa calon guru biologi dituntut untuk memiliki pengetahuan dan sikap yang baik terhadap kesehatan reproduksi remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap mahasiswa calon guru biologi mengenai kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi di Universitas Negeri Padang yang berada di semester 7 yang mempelajari matakuliah anatomi dan fisiologi manusia tahun masuk 2015 sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa calon guru biologi terhadap kesehatan reproduksi remaja memiliki rata-rata nilai 77,71 dengan kategori baik, dan sikap mahasiswa calon guru biologi tentang kesehatan reproduksi remaja memiliki rata-rata nilai 86,55 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa pengetahuan dan sikap mahasiswa calon guru biologi Universitas Negeri Padang memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:29
Last Modified: 30 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item