Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Dilengkapi Glosarium pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Rahmadayanti, Silvia (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Dilengkapi Glosarium pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SILVIA_RAHMADAYANTI_14031105_3714_2018.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya media pembelajaran yang lebih menarik dan melibatkan seluruh gaya belajar peserta didik. Materi sistem ekskresi manusia juga merupakan materi bersifat abstrak dan umumnya terdapat istilah-istilah sulit di dalamnya sehingga membutuhkan media yang dapat mengkonkritkan materi abstrak dilengkapi penjelasan makna dari istilah-istilah tersebut. Solusi permasalahan ini melalui multimedia interaktif yang telah dirancang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis power point dilengkapi glosarium pada materi sistem ekskresi manusia untuk peserta didik kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Plomp dengan 3 tahap yaitu investigasi awal, pengembangan atau pembuatan prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian adalah peneliti (tahap self evaluation), 4 validator, 3 peserta didik (tahap one to one), 6 peserta didik (tahap small group), 18 peserta didik (tahap field test), dan 27 peserta didik serta 1 guru untuk praktikalitas. Instrumen berupa pedoman wawancara guru, angket peserta didik, dan angket untuk self-evaluation, expert review, one to one, small group, field test, serta praktikalitas. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil rata-rata validitas yaitu 4,45 dengan kategori sangat valid dan hasil rata-rata praktikalitas yaitu 4,60 oleh guru dan 4,39 oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:46
Last Modified: 29 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item