Pengembangan Handout dengan Tampilan Majalah yang Dilengkapi Peta Konsep tentang Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP

Fazlina, Sartika (2018) Pengembangan Handout dengan Tampilan Majalah yang Dilengkapi Peta Konsep tentang Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SARTIKA_FAZLINA_14031104_2018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran itu merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran. Bahan ajar cetak yang digunakan di SMPN 12 Padang berupa buku Kurikulum 2013 dan LKS, belum mampu untuk membantu peserta didik untuk memahami materi. Hal itu dikarenakan bahan ajar cetak tersebut penyajian materi seperti narasi, tampilannya yang kurang menarik, dan peserta didik kurang dalam menghubungkan konsep-konsep yang terdapat pada materi Sehingga peserta didik kurang tertarik untuk membaca. Salah satu bahan ajar yang dapat menarik minat membaca peserta didik yaitu handout. Handout bisa disajikan dengan tampilan majalah yang dilengkapi peta konsep. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan bentuk handout dengan tampilan majalah yang dilengkapi peta konsep tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya untuk peserta didik kelas VII SMPN 12 padang yang valid dan praktis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang dilakukan di FMIPA UNP dan SMPN 12 Padang yang menggunakan model pengembangan Plomp (2013), yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototype dan tahap penilaian. Handout divalidasi oleh 3 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, 1 orang guru Biologi SMPN 12 Padang. Uji validitas dinilai oleh 1 orang guru biologi dan 27 orang peserta didik kelas VII SMPN 12 Padang. Data dalam penelitian ini, data yang diperoleh dari angket uji validitas dan uji praktikalitas. Data ini termasuk data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian. Penelitian ini, dihasilkan handout dengan tampilan majalah yang dilengkapi peta konsep tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya untuk peserta didik kelas VII SMP dengan nilai 4,45 dikategorikan valid dan dengan nilai 4,28 dinyatakan sangat praktis oleh guru serta 4,49 dinyatakan sangat praktis oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:46
Last Modified: 29 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item