Pengembangan Modul Berbasis Problem Solving Bermuatan Mind Map Tentang Materi Sistem Peredaran Darah untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Halen, Salmi (2018) Pengembangan Modul Berbasis Problem Solving Bermuatan Mind Map Tentang Materi Sistem Peredaran Darah untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SALMI_HALEN_14031016_3335_2018.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah untuk menciptakan pribadi yang kreatif dan inovatif. Salah satu pendekatan yang tepat adalah problem solving. Materi sistem peredaran darah merupakan materi yang sesuai dengan pendekatan problem solving. Bahan ajar berupa modul berbasis problem solving bermuatan mind map belum tersedia di sekolah, sehingga peserta didik kesulitan dalam proses pembelajaran dan kurang tertarik untuk belajar. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis problem solving bermuatan mind map tentang materi sistem peredaran darah untuk peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan dari Plomp dengan tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau prototype, dan tahap penilaian. Objek penelitian ini adalah modul berbasis problem solving bermuatan mind map, dan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik SMPN 15 Padang. Hasil evaluasi sendiri diperoleh hasil bahwa modul yang dikembangkan telah sesuai dengan aspek yang dinilai. Hasil validasi diperoleh rata-rata 86,46% dengan kriteria valid dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan. Hasil one to one evaluation diketahui bahwa peserta didik tertarik dalam menggunakan modul yang dikembangkan karena modul dilengkapi dengan mind map yang membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Hasil uji kelompok kecil (small group evaluation) diperoleh rata-rata 100%, dengan kategori sangat baik sehingga modul baik digunakan dalam pembelajaran. Uji praktikalitas modul diperoleh hasil rata-rata sebesar 83,33% dengan kategori praktis, sedangkan peserta didik sebesar 79,32% dengan kategori praktis, yang bermakna bahwa modul praktis digunakan oleh guru dan peserta didik dari segi kelayakan isi, efektifitas pembelajaran dan manfaat. Dapat disimpulkan bahwa modul berbasis problem solving bermuatan mind map tentang materi sistem peredaran darah untuk peserta didik kelas VIII SMP yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:46
Last Modified: 29 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23861

Actions (login required)

View Item View Item