Penerapan Prosedur Penanganan Pembayaran Tagihan Makanan dan Minuman Tamu oleh Cashier di Cafe De Rosa

Yusnengsih, Yusnengsih (2019) Penerapan Prosedur Penanganan Pembayaran Tagihan Makanan dan Minuman Tamu oleh Cashier di Cafe De Rosa. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_YUSNENGSIH_17215014_2676_2019.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penulisan proyek akhir ini berawal dari wawancara singkat penulis dengan beberapa staff Cafe De Rosa mengenai Penerapan Prosedur Penangan Pembayaran Tagihan Makanan dan Minuman Tamu di Cafe De Rosa yang masih kurang baik, karena masih terdapatnya cashier Cafe De Rosa yang tidak menerapkan Penanganan Pembayaran Tagihan Tamu sesuai dengan prosedur hotel. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Prosedur Penanganan Pembayaran Tagihan Makanan dan Minuman Tamu di Cafe De Rosa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif data kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 29 Januari 2019-03 Februari 2019 di Jalan Pembagunan Nagoya Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Sumber data adalah 1 orang supervisor dan 3 orang cashier Cafe De Rosa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif Hasil penulisan proyek akhir ini menunjukkan bahwa secara umum prosedur penangan pembayaran tagihan tamu adalah 1) Sebagian cashier di Cafe De Rosa belum mencetak bill dengan memastikan pembayaran tamu sesuai. 2) Semua cashier di Cafe De Rosa sudah melakukan proses memasukkan bill kedalam bill holder dengan dilengkapi pena. 3) Sebagian kecil cashier di Cafe De Rosa belum memberikan bill dengan memastikan posisi bill benar. 4) Semua cashier di Cafe De Rosa sudah menerapkan prosedur pembayaran tagihan tamu dengan ditanda tangani kekamar.5) Sebagian kecil cashier belum mengikuti prosedur penanganan pembayaran tamu dengan kartu kredit. 6) Hampir semua cashier tidak melakukan proses penanganan pembayaran dengan tunai yang sesuai dengan prosedur yang di tetapkan. 7) Semua cashier sudah mengikuti prosedur penutupan tagihan sesuai dengan jenis pembayaran. Kata kunci: Prosedur Penanganan, Pembayaran Tagihan , Cashier Cafe De Rosa 1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:59
Last Modified: 28 Oct 2019 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23835

Actions (login required)

View Item View Item