Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Leaming Start with a Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang

Ahadi, Syukra Rizal and Yerizon, Yerizon (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Leaming Start with a Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8 (4). pp. 90-95. ISSN 2656-4246

[img]
Preview
Text
Jurnal Syukra Rizal Ahadi (15029050).pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah matematika adalah salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik selama proses pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan memecahkan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Padang masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ (Leaming Start with a Question). Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen (pra-eksperimen) dengan rancangan one-grup pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang diperoleh P-Value = 0,000 < α = 0,05

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:56
Last Modified: 25 Oct 2019 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23815

Actions (login required)

View Item View Item